Thursday, July 16, 2015

Berkah Ramadhan, Alhamdu?lillah!

Sebelumnya, gue pengen banget ngucap syukur Alhamdulillah sama Allah SWT karna masih dikasih kesempatan buat ngerasain merinding dan terenyuhnya denger suara orang-orang takbiran, dan insyaAllah masih dikasih kesempatan buat besok ngerayain lebaran.
Kali ini gue mau ceritain pengalaman bulan puasa dan lebaran gue tahun lalu yang bisa dibilang cukup bikin stok air mata gue bener-bener berkurang saat itu.



16 Juli 2014
Setelah sebelumnya tanggal 17 Juni 2014 kemaren gue tes SBMPTN untuk pertama kalinya, hari ini adalah hari pengumuman hasil seleksi SBMPTN dan lu tau apa yg gue dan ratusan ribu orang lainnya yang juga ikut tes? Deg-degan parah. Gue, dengan songong dan so pinternya, seorang anak lulusan IPA yang malah kemudian ngambil jurusan IPS untuk keseluruhan pilihan prodi SBMPTN-nya. Nggak tanggung-tanggung, gue langsung pilih Unpad buat gue jadiin pilihan universitasnya. Songong nggak gue? Udah mana gue les intensif SBMPTN baru daftar H-16, oke gue ulang, HA MIN ENAM BELAS dilaksanakannya SBMPTN. Kebayang kan gimana gue yang tiap hari dicekokin pelajaran macem Biologi, Fisika, dan Kimia trus tiba-tiba berhadapan sama Ekonomi, Sosiologi sama Geografi?? Tiap les, gue cuma bisa planga plongo, apalagi pelajaran ekonomi. Anak IPS aja pada avoid sama pelajaran itu, dan gue mesti mati-matian ngertiin gimana cara nentuin jika kurva permintaan bergeser ke blablabla maka yg terjadi adalah blablabla atau ngertiin rumus saving, income danlainlainnya. Buat Sosiologi, sih, masih ada beberapa yang bisa pake nalar gue sendiri, jadi diantara pelajaran IPS lainnya, tiap Try Out, nilai gue agak sedikit lumayan kebantu di Sosiologi. Gue inget banget pas lagi ngerjain SBMPTN, gue ngebut ngerjain TKDU, gue berusaha ngegedein nilai dari situ karna gue sadar gue nggak bisa berharap banyak dari soal-soal soshumnya, dan bener aja, TKDU gue ngerjain cukup lancar apalagi di bagian TPA-nya, tapi pas bagian soshum? Gue nggak ngerti sama sekali. Aseli, itu soal susah banget. Entah karna gue yang emang dasarnya begok, atau karna itu soal emang susah beneran, akhirnya gue ngisi keseluruhan soal soshum kurang dari setengahnya (Jumlah seluruh soal = 60). Harusnya gue udah bisa secara pasti nebak apa hasil yang bakal gue dapet hari ini, tapi rasa pede gue masih ada, belum bener-bener ilang. Gue ditemenin sama Dillon pas buka hasil pengumuman, di saat temen-temen yang lain bilang "Alhamdulillah" atau "Mungkin Allah punya rencana lain", gue masih belum buka hasilnya. Gue takut. Banget. Pengumuman dibuka jam 17.00, tapi gue masih belum berani, gue takut. Akhirnya, gue buka puasa dulu *kebetulan pengumuman hasil SBMPTN 2014 pas lagi bulan puasa*, gue cuma minum sekenanya dan kemudian gue buka hasil pengumumannya. Gue udah sempet bilang ke Dillon, "Lon, apapun hasilnya nanti kita ketawa bareng ya." Dan, sedetik kemudian setelah gue login ke web SBMPTNnya gue cuma dapetin kata "Maaf," dan dari situ gue udah males lanjut ngebacanya.
Haha.
Iya. Gue sempet ketawa ko sama Dillon, sesuai rencana awal. Tapi kemudian gue mengingat temen-temen gue yang udah keterima di univ a, atau univ b, keterima di sekolah penerbangan ataupun lainnya. Bahkan saat itu, Dillon sendiri udah masuk di Universitas Brawijaya lewat jalur undangan. Jurusan Teknik Industri. Kemudian gue masuk kamar, dan gue mulai nangis. Bener-bener nangis. Dillon coba nenangin gue, tapi percuma. Nyokap gue, juga nyoba nenangin gue tapi tetep percuma. Gue semakin sesenggukan. Mungkin kalian pikir ini lebay, tapi...nggak tau lah. Saat itu gue ngerasa jadi the unluckiest person in the world and also the dumbest person in the world. Haha. Gue baru mau keluar kamar setelah jam 11an kalo nggak salah. Gue begadang. Bablas sampe saur.

--

Singkatnya, karna gue bingung kalopun ke PTS gue mau  masuk mana dan jurusan apa, akhirnya gue ditawarin bokap buat kerja di salah satu perusahaan distributor stationery di daerah Grogol, Jakarta Barat. Jadi, bokap gue adalah seorang programmer, dan kantor itu adalah salah satu klien dari bokap gue. Gue nggak nolak, karna gue pikir, itu lebih baik daripada gue ngabisin setahun gue selanjutnya sebelum ikut tes SBMPTN (lagi) dengan luntang lantung nggak jelas. Sebelas Agustus bokap gue ngajak gue kenalan sama orang-orang di sana dan tanggal 12nya gue langsung masuk. Tanpa surat lamaran dan bahkan tanpa interview. Minggu-minggu awal gue kebanyakan nangis, gue berasa homesick padahal tiap hari juga pulang ke Tangerang, tapi lama-lama gue enjoy kerja di sana. Kerjaannya gabut. Aseli gabut. Gue masih bisa main hape, googling, bahkan boci alias bobo ciang. Wkwk. Gue kerja di bagian administrasi ngurusin stok di 3 gudang dan gue jadi yang paling muda di sana. Yey. Di sana Ada Ci Yuyun, Ci Pebi, Ci Aing, Ci Riana, Ko Arbi, Ko Yoh, Ko Atung, Diman dan kemudian dateng  lagi orang-orang baru, Ko Dandy dan Ko Andi. Ada juga Ajis, Andi, Sabit sama Buser, mereka adalah Sang Kepala Gudang. Dan ada juga para supir dan kenek lainnya yang nggak kalah gokil sama asik deh. *Kapan-kapan gue akan describe mereka satu-satu*. 

9 Juni 2015
Nggak kerasa udah hampir setahun gue kerja di kantor ini. Dan nggak kerasa, SBMPTN udah di depan mata. Gue belajar di kantor, karna kalo di rumah itu udah nggak kondusif banget deh soalnya udah keburu kecapean guenya. Jangan bayangin gue bisa kaya taun lalu yang bisa les tiap paginya yah, jadi selama persiapan tes SBMPTN tahun ini, gue belajar di kantor, udah gue bilang kan kerjaan gue gabut? Jadi, belajar di kantor itu bukan jadi hal yang susah dilakuin. Kendala gue cuma satu, perasaan gue yang terus kepikiran "Ih, Put, lu so soan belajar ampe pada nanyain tuh lu belajar apaan, buat apaan, ntar mah kalo nggak lolos lagi apa lu nggak malu?" Itu. Selalu gue kepikiran sama satu hal itu yang ngebikin gue suka malu-malu tiap belajar di kantor. Sampai hari H, 9 Juni 2015, gue izin buat ikut tes, sebelumnya semua pada ngucapin "Good luck" buat gue. Mereka pada nanya gue ambil universitas apa, jurusan apa, dan seandainya nggak lolos lagi gue mau ngapain? Gue bilang gue ambil prodi yang hampir sama kaya tahun sebelumnya, cuma beda di universitasnya doang. Gue nggak mau songong lagi. Pas ngerjain SBMPTN gue dapet tekanan yang lebih daripada tahun lalu. Yha nggak usah gue jelasin di sini, mungkin kalian bakalan sedikit ngerti. Oiya, gue lupa bilang, gue satu ruangan sama adenya Dillon yang taun ini juga ikut SBMPTN. Dunia aja sempit apalagi Tangerang, yegak? Selain kaget, gue malah ngerasa dengan sekelasnya gue sama adenya Dillon itu bener-bener bikin gue makin takut seandainya nggak lolos. Jam pertama ngerjain TKDU, gue mencoba santai ngerjainnya, saking santainya, di waktu yang nyisa 15 menit lagi, GUE BELUM NYENTUH SOAL SELAIN TPA. GOSH. The Power of Kepepet gue bener-bener kerahkan pas itu. Gue inget banget cuma ngerjain satu soal Matematika. Buat Bahasa Indonesia sama Bahasa Inggris, gue kerjain sekelebat otak gue doang pas baca teks diatasnya. Sumpah, teks bacaannya panjang-panjang banget dan itu bakalan wasting time gue banget. Hopeless? Pasti. Tapi gue percaya Allah udah nyiapin yang terbaik buat gue. Jam kedua, saatnya ngerjain soal Soshum, alhamdulillah lancar. Nggak tau kenapa saat itu gue ngerjain lancar. Kalo dibandingin sama pas ngerjain soal SBMPTN tahun lalu, bisa dibilang tahun ini gue ngerjainnya lancar banget.  Bukannya optimis, gue malah takut, takut karna saking lancarnya itu, gue ngisinya asal-asalan. Hopeless again? Yes. Dan akhirnya gue balik *dan sempet nyasar padahal tesnya cuma disekitaran Lippo Karawaci. Buta jalan gue emang udah beneran akut*.

9 Juli 2015
Gue masih kerja, malah saat itu gue lagi pindahan kantor, yang sebelumnya ada di daerah Grogol ke daerah Tanjung Duren. Di saat yang lain sibuk ngurusin barang-barang dan segala macem berkas kantor, gue sibuk mikirin jam 5 nanti apa gue dapet "Maaf" lagi dari panitia SBMPTN atau kata lainnya yang jauh lebih sopan??? Gue gegana, gelisah galau merana *hazeekk*, pikiran gue udah ngelayang dah nggak tau kemana. Gue takut. Lebih takut malah dari tahun sebelumnya. Gue balik kerja sekitar jam 5, pas banget sama pengumuman hasil SBMPTN. Gue dijemput sama Dillon, dia nanya apa gue udah buka hasil SBMPTN apa belum, gue jawab belum. Karna emang takut trus juga karna webnya nggak bisa dibuka. Gue coba nanya ke Dillon apa adenya keterima atau enggak, dan alhamdulillah ternyata keterima. Gue seneng. Takut juga. Apa mungkin di dalem satu kelas ada dua orang yang cukup 'beruntung' bisa lolos SBMPTN?? Makin takutlah gue. Dan kalian tau gue buka pengumuman jam berapa? 12 malem!! Betapa lebaynya ketakutan gue sampe baru buka jam segitu. Nulis nomer peserta buat login aja berasa berat banget, apalagi pas mau mencet pilihan "Cari" *Iya "Cari" bukan login atau sejenisnya* dan saat itu sinyal hape gue, entah ngedukung rasa ketakutan gue atau engga, sedetik kemudian langsung kebuka sebelum gue sempet nutup mata gue. Gue tetep nangis ko liatnya, terharu. Dan....inilah hasilnya..




Allahuma shalli'ala sayyidina Muhammad. *Gue dapet amalan, kalo kita baca shalawat nabi 1000x sehari, insyaAllah yang kita pengenin terkabul. Wallahu'alam*

Btw, Selamat Lebaran!!! :D

No comments:

Post a Comment