Saturday, October 14, 2017

Bikes jadi Bisa

Hello again!
Ini postingan kedua gue di bulan ini.
Tumben banget.
Iya tumben.
Gak dalam rangka apa-apa sih, cuma lagi gabut aja (Kemudian matkul KJI, IKS, Menkol pada teriak, "Woy, gue punya tugas-tugas buat lo. Bisa-bisanya lo ngomong begitu!").
Jadi, kali ini gue mau cerita tentang dia. Tentang gimana awalnya gue kesel banget sama dia sampe akhirnya malah kaya sekarang.

Jadi, begini cerita selanjutnya...*Ngelemesin jari-jari tangan dan leher*


Awal gue tau muka dia pas makrab gue di bulan November 2015. Di makrab ini gue jadi banyak tau siapa-siapa aja kakak tingkat gue. Ada yang emang sebelumnya udah pernah gue liat tapi gak tau namanya tapi ada juga yang emang sama sekali gue gak tau muka apalagi namanya. Nah, tu orang masuk ke kategori kedua dimana gue gak pernah liat muka dia dan gue juga gak tau (dan gak mau tau) siapa namanya. Makrab kali itu gue kebagian kelompok dua kalo gaksalah. Ketuanya Ucup, anggotanya ada gue, Anisa, Tiara, sama Joko aka Masjok. Singkatnya, pas jurit malem kurang lebih jam 2-an kita dibangunin buat keliling ke lima pos yang ada. Mata masih sepet banget. Aseli. Walaupun gue kelompok dua, tapi gue kebagian mulai ke tiap pos di urutan kedua terakhir. Pas di pos pertama ketemulah gue ama manusia ini. Sebenernya gue ngga begitu yakin sama mukanya, soalnya keadaan di sana gelap. Bikes (Bikin kesel) banget dia. Udah mata masih sepet, nyawa belum sepenuhnya kekumpul, nah ni orang nanya-nanya...sambil ngebentak pula. Salah satu pertanyaan yang masih gue inget sampe sekarang kurang lebih gini,
"Kapan HMPIP berdiri?" "Siapa nama ketua himpunan sekarang?" Gue dan kelompok gue pada kicep. Semua gak ada yang tau. Gue inget bulannya, tapi gue lupa tanggalnya. Nama kahim yang seharusnya Risman, gue malah jawab Riswan *Riswan Kamil kali, ah. Krik.* Trus dia ngebentak lagi yang intinya,
"Baru tadi dikasih materinya, pada gak dengerin ya?!"
Mungkin pas itu dalem hati gue ngedumel, "Berisik lu."
Atuh, yakali orang bisa tetau inget sama sesuatu yang gak bersejarah di hidup dia yang dikasih taunya juga baru sekali. Paginya, which is makrab hari kedua, ada beberapa games ringan dari panitia. Gak tau kenapa gue jadi ngeliat tu orang mulu, padahal pas makrab hari pertama gue bahkan gak tau kalo ada dia bahkan jadi panitia pula. Gak tau kenapa juga, gue jadi gondok sendiri ngeliat tu orang. Padahal, yang ngomel-ngomel pas jurit malam gak dia doang. Gak cuma gue, ternyata ada temen gue yang langsung jadi 'hater' dia dan bilang kalo tu orang bajunya gak ganti-ganti. HAHAHAHA.


Setelah makrab, gue jadi sering banget ngeliat muka tu orang. Di gazebo terutama. Pernah gue sama temen gue yang bilang kalo baju dia gak ganti-ganti, nyinyirin sepatu Adidas dia (yang sebenernya b aja) gara-gara garisnya warna ijo stabilo. Kita anggep itu sepatu ngejreng banget, agak norak gimana gitu. *sorry, not sorry* Maklum lah ya namanya juga orang gak suka, yang bagus dan bener sekalipun, otak pasti nge-mindset supaya keliatan jelek dan salah aja terus. 



Suatu hari, bulan Januari 2016 tanggal 21 kalo gak salah pas lagi liburan semester tiga, gue meet up sama temen-temen SMA gue, Mayra dan Bayel. Kita meet up di Pasar Lama. Waktu itu lagi boomingnya kafe-kafe baru di sana dan akhirnya kita bertiga memutuskan buat ke Kafe Rute 15. Kita makan gratis di sana dalam rangka ngerayain ultah si Mayra. Seperti kebanyakan spesies lainnya kalo lagi meet up sama temen-temennya, gue dan temen-temen gue poto-poto tuh. Pas selesai makan dan sedang asik poto-poto, gue ngeliat sesuatu yang agak aneh untuk gue liat saat itu. Kalo gue lagi di Malang sih mungkin b aja, ini gue lagi di Tangerang. Gue lagi ada di salah satu kafe di antara ratusan kafe yang ada di Tangerang, atau gue persempit lagi deh, gue berada di salah satu kafe di antara puluhan kafe yang ada di Pasar Lama. But guess what? Gue ketemu manusia itu!! OMG. Gue ampe melongo buat mastiin itu bener-bener dia atau bukan karna jarak meja gue dan meja dia agak lumayan jauh. Di depannya ada cewe yang gak bisa gue liat mukanya karna posisinya yang ngebelakangin gue. Setelah gue yakin itu dia, gue bilang ke temen-temen gue,

"Eh, itu kayaknya ada kakak tingkat gue deh."
Temen-temen gue nanya sambil nengok, "Yang mana?"
"Itu, tuh, yang berdua ama cewe." Gue nunjuk diem-diem takut ketauan kalo gue lagi ngomongin dua orang itu. Tebak apa? Temen banget emang, mereka malah nyeletuk. Oke gue ulang, mereka malah TERIAK yang kurang lebih kata-katanya kayak gini,
"Hah? Lu kuliah dimana, Put? ILPUS UB??"
Iya, mereka mengulang dan menekankan pada kata "Ilpus UB".
Dua orang yang ada beberapa meter dari meja gue bakal gue bilang budek stadium akut kalo gak denger bacotan temen-temen gue itu. Dan yah, setelah beberapa kali ngulang kata-kata yang sama, tu cewe di depannya seinget gue ampe sempet nengok ke arah gue dan temen-temen gue. Walaupun cuma nengok sekilas, gue di sana cuma yang kaya, "Haduh. Mati gue."

Setelah kejadian hari itu, tiap ketemu tu orang di kampus, gue gak kesel lagi ke dia. Gue malah takut. Gue takut tu orang inget muka gue dan tau-tau ngomong,
"Apa banget dah lu? Lu yang di Tangerang waktu itu, kan?"
Iya, imajinasi gue emang separah itu. Pernah gue lagi nunggu lift eh ketemu tu orang. Akhirnya gue gak jadi naik dan lebih milih buat nunggu lift selanjutnya padahal gue lagi ngejar kelas waktu itu. Dan waktu itu temen gue ada yang tetiba ngasih tau nama dia ke gue.


Suatu hari di bulan November, gue lupa nungguin apa atau siapa, gue ada di sekret himpunan. Waktu itu gue ikut kepanitian Library Relation, kalo gak ikut kepanitian itu mungkin gue gak akan pernah nginjekin kaki gue di sekret himpunan gue sendiri. Pas lagi duduk-duduk, tiba-tiba dia dateng dong..Haduh mau kabur kagak mungkin. Mau gak mau gue harus berhadapan sama orang itu. Dia tetau minta tolong sohib gue, Inge, buat ngambilin tas dia yang jelas-jelas ada di belakang gue. Sempet kedudukan malah kalo gak salah waktu itu tasnya wkwk. Gue mikir, gak bisa nih tiap ketemu ni orang gue ketakutan gak jelas kaya gini. Akhirnya dengan segenap keberanian yang ada gue nyeletuk,

"Anak Tangerang, ya?"
Dia bales, "Kok tau?"
"Hehe, iya. Waktu itu ketemu di Kafe Rute 15."
Dan akhirnya kita jabat tangan saling nyebutin nama satu sama lain. Dan yah mungkin itu awalnya..
Setelah hari itu, tiap ketemu tu manusia, dia udah kaya sohiban lama ama gue. Dia pasti ngajak tos sambil bilang dengan sumringah dan bangganya,
"Woy sesama anak Tangerang."
Mungkin kalo gue bukan tipe orang yang lumayan gampang adaptasi sama orang, gue bakal mikir, "Ni orang apaandah? Baru juga kenal udah sok akrab bener."
Dan gue cuma yang bisa bales tosan dia sambil senyum (agak terpaksa).


Tanggal 16 Desember, gue mau balikin kunci motor seseorang di sekret setelah hampir seharian motornya gue pinjem buat beli oleh-oleh sama Inge. Ternyata di sekret ada tu orang juga. Gue sama Inge akhirnya ngobrol-ngobrol dulu sama mereka berdua sambil nunggu ujan reda. Tiba-tiba, gue diajak buat ikut himpunan. Inge udah pengalaman ikut organisasi, sedangkan gue seumur-umur belum pernah ikut keorganisasian. Pas SMP hampir, udah daftar buat ikut OSIS, tapi setelah hari pertama screening gue gak lanjutin lagi. Males. He he. Inge fix nolak. Gue masih mikir-mikir.

Penasaran sih, ibaratnya 51% gue mau ikut sementara sisanya gue takut karena gue samsek gak ada pengalaman organisasi. Kalo gue gak becus jalanin jobdesc gue gimana? Kalo nanti gue bakalan banyak tanya kan gue bukannya bantuin orang malah nyusahin orang. Akhirnya gue minta waktu buat mikir-mikir lagi. Beberapa hari kemudian, tu orang tetau ngeadd gue di Line dan nawarin gue lagi. Gue tanya ke Inge dan dia tetep fix gak mau ikut. Gue tanya ke dia,
"Kamu yakin nawarin aku?"
Dan dia bales, 
"Yakin dan sangat yakin."
Gimana sih rasanya kalo kalian dipercaya sama seseorang tapi kalian malah gak acuh? Akhirnya, karena beberapa faktor gue pun mengiyakan. Dia nanya lagi,
"Bener nih?"
Trus gue cuma yang bales,
"Kamu jangan nanya lagi nanti aku berubah pikiran"
Dan yah begitulah, gue akhirnya jadi staf dia. Awalnya masih kaku-kaku gimana gitu. Yaiyalah, kenal (secara damainya) bahkan belum ada sebulan, tetau udah harus jadi 'partner' selama satu periode di himpunan.


First gathering pertama himpunan, dia lupa gak ngabarin gue. Kampret banget emang (Ternyata mau belum kenal atau udah kenal, dia emang bikes). Punya staf satu doang aja bisa lupa, gimana kadep yang punya banyak staf?

Selanjutnya, tiap ada acara himpunan, dia gak pernah nawarin gue buat berangkat bareng tapi dia langsung bilang, 'Besok aku jemput di kost kamu jam (sekian)'. Menurut gue nawarin itu pasti ada tanda tanyanya. Misalnya, "Besok mau sekalian bareng?" Betul apa betul? ;)

Dia baik sih menurut gue. Bisa dibilang care sama stafnya. Waktu itu ada acara di salah satu Taman Baca, Ruang Baca Aqil dan beberapa anggota himpunan ikut. Termasuk gue sama dia. Di acara itu ada macem-macem permainan daerah, gue jadi PJ engrang waktu itu karena gue bisa main engrang yang juga mengharuskan gue buat ngasih contoh ke anak-anak yang ikut lomba itu gimana caranya main egrang. Selesai acara, sela-sela jari telunjuk dan jempol di kaki-kaki gue pada lecet, kulitnya pada ngelupas dan itu perih banget. Akhirnya gue terpaksa nyeker. Dia nanya kenapa gue nyeker dan gue bilang kaki gue lecet jadi gak bisa pake flatshoes karna bakal makin bikin kaki gue perih. Dia tetau lepas sendalnya dan bilang, "Pake aja sendal aku."
Waktu itu juga gue pernah ke sekret sambil makan bolu dan ngebuat tenggorokan gue seret banget. Gue tanya ke anak-anak yang ada di sekret ada yang bawa air minum atau engga, dan ternyata gak ada yang bawa. Dia nyeletuk, "Kaya uler aja abis makan gak minum." Abis itu gue nginventaris barang-barang di sekret sementara dia ada kelas. Pas udah sore, gue pamit ke dia buat balik ke kost sambil pesen gojek. Udah dua kali gue order gojek tapi selalu di cancel sama abangnya. Dia nanya gue pulang naik apa ya gue jujur gue bilang naik gojek tapi gak tau kenapa di cancel terus dan gue masih nyoba buat ketiga kalinya. Dia nyuruh gue buat cancel gojeknya dan bilang dia otw ke sekret. Pas dia sampe sekret akhirnya dia anterin gue balik, pas jalan ke parkiran gue ngelirik tasnya yang ada air mineral yang masih baru. Gak lama dia  nyodorin air mineralnya ke gue. Yauda gue terima dan langsung gue minum karena abis makan bolu tadi gue emang belom minum. Pas udah sampe kostan, botol minumnya ke bawa. Gue langsung chat dia,
"Eh oon minum lu" *maaf, mungkin bahasa gue terlalu kasar buat ngomong ke kakak tingkat, tapi gue mikirnya gue loh sama dia samasama orang jabodetabek. Jadi palingan dia b aja nanggepinnya" dan dia bales "Bawa aja, emang aku sengaja beli buat kamu tadi." Trus gue bilang aja "Wkwk takut aku jadi uler ye". Pas di kost, gue baru ngeh kalo ke lolotan gue emang udah tingkat akut, ternyata abang gojek dua kali ngecancel orderan gue karna gue pake wifi sekret dengan mode pesawat. Jelaslah tu abang gojek kagak bisa ngehubungin gue. Pas data paket gue nyalain, muncullah beberapa pesan singkat dari abang-abang gojek yang menolakku. Hiks. Bodoh bener emang lu, Put.


Awal April ada kegiatan TO di daerah Batu, gue sempet gak mau ikut karena gue 'sakit'. Dia yakinin gue buat tetep ikut dengan jaminan kalo sesuatu terjadi sama gue, dia bakal tanggung jawab beliin obat dan anterin gue balik ke kostan. Setelah beberapa orangnya minta gue buat ikut, akhirnya pas hari H gue dateng dan dia kaget karna ternyata gue ikut. TO mungkin bisa dibilang mirip makrab kali ya. Semenjak TO tu orang jadi suka nelponin gue tiap malem. Hampir tiap malem. Waktu itu gue inget dia ngajakin gue keluar buat cari makan sama temen-temennya. Dari situlah gue mulai kenal sama temen-temen satu kontrakan dia. Semenjak itu juga dia sering ngajak makan atau main bareng. Gue mau aja karna dia sendiri pernah bilang ke gue kalo dia cuma pengen akrab sama stafnya. Ya intinya biar kerja di himpunannya sama-sama enak deh, mangkanya gue mau-mau aja.



Buat cerita selanjutnya, gue serahin ke-siapapun-yang-baca-postingan-gue-ini *kalo ada* buat nebak dan terserah mau ngasih tanggepan kaya apa tentang gue ataupun dia. Karena, "Every story has two sides or even three. And most of time, no one is completely innocent."

No comments:

Post a Comment