Wednesday, April 17, 2013

Mirip Cerita di Novel

Pernah ngerasain kalo kehidupan kalian mirip atau bahkan sama kaya di novel-novel remaja? Entah itu yang manisnya, paitnya, sukanya, dukanya atau apapun itu. Pernah kan? Oke pasti pernah. Well, mungkin ini ngga sepenuhnya sama kaya yang di novel-novel. Tapi cerita yang bakal gue tulis ini 100% asli dan bukan fiksi. Mari di klik.


Ini adalah hal yang paling ngga gue suka dari sekolah -selain tugas, dan guru killer- tentunya, semesteran. Yah, mungkin ngga usah gue dijelasin disini kenapa gue ngga suka banget kalo udah denger kata itu. Apalagi saat itu, gue yang notabennya masih duduk dikelas X, harus duduk sama kakak kelas. Hal yang terlintas diotak gue begitu tau tentang kabar itu adalah "Gue bakalan duduk ama siapa?" "Kakak kelasnya cewek atau cowok?" "Kalo cowok, kira-kira kece ngga ya?" "Kakak kelasnya baik apa engga? "Pinter apa engga?". Dan ternyata, gue duduk ama cewek. Dan orangnya ramah banget. Gue langsung akrab dan bahkan SMS-an. Sehari, dua hari di minggu semesteran, gue udah berasa gerah banget. Pengen cepet-cepet Sabtu. Pengen cepet-cepet selesai dan yang pasti gue pengen cepet-cepet liburan! Tapi ngga tau kenapa hari itu ada sesuatu yang menarik perhatian gue. Kaya magnet yang bikin mata gue tuh bawaannya pengen ngeliat kearah 'itu' terus. Dan bahkan saat gue, -well- nyontek ke temen dibelakang gue pun, gue pasti ngelirik orang itu. Herannya, selama kurang lebih 6 bulan gue sekolah, gue baru pertama ngeliat orang ini ya baru diruang ini. Sebelumnya ngga pernah ngeliat. Gue yang terlalu kuper atau orang itu yang emang jarang nongol? Oke, mari kita memberikan nama samaran pada si "Orang Itu". Biru. Ngga tau kenapa itu yang terlintas dipikiran gue. Setelah hari itu gue sadar bahwa mungkin gue suka, eh ngga, ngga, ngga mungkin kan ada orang yang bisa suka dalam waktu secepat itu? Dan yah, gue ngga terlalu percaya sama "Love at The First Sight" bagi gue itu ngga mungkin. Jadi, gue menyimpulkan bahwa gue tertarik sama dia. Keesokan harinya gue ketemu dia pas lagi jalan keruang kelas tempat semesteran berlangsung. Dia make sebelah headset di telinga kirinya. Cuma sebelah, yang sebelahnya lagi dia biarin ngegantung gitu aja tanpa dia cantolin ke telinganya yang satu lagi. Headset putih. Gue inget, banget. Gue jalan dibelakang dia (sengaja) tanpa ada niatan untuk nyusul dia. Yah, ngga pa-pa kan kita 'ngeliat' seseorang tanpa harus orang itu balik 'ngeliat' kita? Sesampainya diruang kelas, gue udah kaya cacing yang kelojotan gara-gara ditaburin garem sama orang. Seneng (pake banget). Tapi, gue sadar sama satu hal, gue sekelas sama dia tinggal beberapa hari lagi, tinggal dua hari lagi. Satu hal yang dapat gue simpulkan saat itu adalah, gue-ngga-mau-semesteran-cepet-selesai. Idiot emang. Dari situ gue mulai cari tau nama dia, dan lain-lainnya. Ya kayaknya gue suka sama dia, eh ngga, bukan suka, tapi kagum. Inget, ya, ka-gum. Yang gue tau setelah semesteran dan liburan selesai adalah gue jadi sedikit lebih semangat kesekolah. Dan ngga tau sejak kapan gue mulai nyari-nyari alesan gimana caranya supaya setiap hari gue bisa ngeliat dia. Mengingat kelas gue diatas dan dia dibawah. Beda deretan gedung pula, gue harus mikir-mikir alesan apa yang pas buat gue biar bisa sekedar lewat kelas dia. Karna hal ini kemudian gue deket sama temen sekelas gue yang duduk didepan meja gue, kita kasih inisial Si Kalem, sebelumnya gue ngga terlalu akrab sama dia. Tapi sekarang, dimana ada Si Kalem, pasti ada gue! Mau tau kenapa? Gue sama dia tuh sama. Sama-sama naksir kakak kelas. Tapi bukan naksir orang yang sama loh ya, well, kakak kelas yang dia suka tetanggaan sama Si Biru. Setiap ada guru yang masuk kelas, gue dan Si Kalem selalu menawarkan diri untuk: Ngisiin spidol, ngambil LKS/ buku latihan yang dikumpulin di ruang guru, ngisiin air minum guru, ataupun sepik-an lainnya. Hampir semua...oke gue ralat kayaknya semua guru tau tentang kebaisaan gue dan Si Kalem ini, sampe guru Ekonomi gue waktu itu hapal banget sama kebiasaan gue dan Si Kalem ini dan dia juga tau apa alesan gue selalu nanya "Bu, botol minumnya mau diisiin ngga?" Tiap dia masuk ke kelas. Hal idiot lainnya yang gue dan Si Kalem lakuin saat kehabisan ide buat 'modus' adalah: NGERINGIN ISI SPIDOL. Gimana caranya? Gampang ko. Kita nyisain satu-dua spidol buat guru, sisanya kita simpen dengan tutup-tutupnya yang sengaja pada dibuka-bukain jadi spidolnya kering ngga bisa dipake terus mesti diisi. Ngerti kan?
Suka senyum-senyum sendiri ngebayangin masa-masa itu. Oiya, gue hampir lupa. Gue dan Si Biru ada pelajaran olahraga dihari yang sama, Kamis. Bedanya, gue dijam 1-2, dia setelahnya. Ya seenggaknya gue bisa liat dia, walaupun sebentar. Setelah beberapa lama gue diem-diem jadi secret admirernya, gue sadar, dia bakalan lulus, bakalan pisah sama gue, bakalan ngga ada lagi buat nyemangatin gue pergi kesekolah. Apa sih yang kalian rasain ketika hanya bisa mengagumi seseorang diam-diam? Lalu, apa yang kalian rasain ketika cuma bisa merhatiin orang dari jauh? Mikirin orang yang bahkan ngga tau nama kalian? Dia mungkin ngga sadar, kalo dia udah menjadi salah satu alasan seseorang, atau lebih tepatnya gue, buat semangat kesekolah, salah satu alasan yang membuat hari gue jadi jauh lebih menyenangkan cuma dengan ngeliat dia. Tersenyum ngebayangin segala macam skenario yang bisa gue buat diotak gue, tanpa gue tau, apa yang gue bayangin itu ngga akan pernah terjadi. Cuma mimpi. Semu. Ibaratnya mah, Si Biru itu nyata, harapan gue yang semu. Gue pernah bilang kalo mengagumi dia itu ibaratkan Cinderella yang ngga bakal nemuin lagi sebelah sepatunya. Karna apa? Dengan begitu Cinderella ngga akan bertemu cinta sejatinya, ngga akan punya happy end sama Pangerannya. Sama kaya gue. Apalagi dari awal gue tau dia, gue sadar, admirer dia itu banyak banget. Dan gue? Cuma SECRET admirer. Kebayang kan gimana kasihannya gue?
Begitu dia mau lulus, gue cuma mikir "Apa gue bisa sesemangat sekarang buat pergi sekolah? Trus, apa gue bakalan bisa ketemu dia lagi setelah dia lulus?" Akhirnya Si Kalem menyarankan agar gue ikut ekskul yang dia ikuti. Karna ekskul Si Kalem bakal punya peranan penting saat perpisahan kelas 12 nanti. 14 Mei, gue masuk sebagai anggota *bipp*. Setelah kurang lebih dua minggu latihan akhirnya tibalah hari yang sangat amat pengen gue mundurin. Perpisahan. Satu hari sebelum hari H itu diadakan GR, gue dapet kabar bahwa dia ngga bakal dateng ke acara perpisahan itu. Nyesek ngga sih saat kalian berusaha nyari cara biar bisa ketemu sama orang yang kalian suka tapi orang itu malah ngga dateng? Dengan mata berkaca-kaca -sebenernya udah netes sih- gue minta sama temen gue yang tau nomor Si Biru buat mohon-mohon supaya Si Biru bisa ikut. Well, gue punya nomor Si Biru, tapi ngga lucu banget kan tiba-tiba gue SMS "Kak, plis, plis banget lu dateng ke acara perpisahan karna gue udah bela-belain masuk ekskul ini demi lu!"
Hari itu, gue tampil sedikit beda dari biasanya, gue terlihat lebih kalem dan well, cantik. Gue harap-harap cemas nungguin Si Biru. Dan setelah beberapa puluh menit acara dimulai, dia belum juga dateng. Lemes. Aseli lemes. Tapi tiba-tiba ada yang nyeletuk "Itu dia bukan, sih?" Spontan gue nengok dan YAP ITU SI BIRUUUU!!!! Gue mekik kenceng dan kakak kelas dibarisan belakang gue nanya "Kenapa, De?" Temen-temen gue yang paham alesan gue histeris kayak gitu cuma bilang "Ngga pa-pa kok, Kak." Dengan muka yang berusaha dipolos-polosin. Seneng. Pake BANGET. BANGET BANGETTTT pokoknya. Hari itu dia ngga beda jauh sama dia yang setiap hari gue liat. Dan yah, dengan jasnya dia terlihat lebih wah. Setelah acara formal selesai, dimulailah semuanya berfoto-foto ria. Dia punya banyak pelanggan, maksud gue, banyak banget yang minta foto sama dia. Temen gue ada yang nyaranin gue buat foto sama dia. Berdua. Tapi....ya malu lah. Notabennya kan gue SECRET admirer, kalo gue tiba-tiba minta foto bareng, namanya bukan SECRET lagi, ya toh? Setelah acara bener-bener selesai, gue dan rombongan ekskul gue foto bareng, dan didepan gue ada dia. Mata dia nangkep tatapan mata gue. Gue senyum dan dia bales senyum. Thank God banget deh for today. Setelah acara hari ini selesai dengan pikiran yang masih kusut, sama kupu-kupu yang masih terbang-terbangan diperut gue, gue pulang.
Temen gue pernah bilang, kalo kita mau ngelupain seseorang, mendingan kita ungkapin semuanya. Cukup ngungkapin. Gue pernah janji sama temen-temen gue yang tau cerita ini buat ngungkapin semuanya suatu saat sama Si Biru. Suatu saat. Dan tanggal 21 Maret, ngga akan pernah gue lupain.


No comments:

Post a Comment